Wednesday, December 10, 2008

Tipe-tipe Nama Domain

Pada postingan yang lalu saya telah menyinggung sedikit tentang Bisnis Domain atau lebih tepatnya Bisnis Nama Domain. Dan pada postingan kali ini saya akan sedikit sharing tentang tipe-tipe domain yang ada di Bisnis Domain. Dengan mengetahui tipe-tipe nama domain ini diharapkan setidaknya memberikan[...]Latihan memilih Domain Untuk Pemula
Pada postingan yang lalu saya telah menyinggung sedikit tentang Bisnis Domain atau lebih tepatnya Bisnis Nama Domain. Dan pada postingan kali ini saya akan sedikit sharing tentang tipe-tipe domain yang ada di Bisnis Domain. Dengan mengetahui tipe-tipe nama domain ini diharapkan setidaknya memberikan panduan pada kita nantinya pada saat akan melakukan pembelian atau meregister nama domain.

Berikut ini tipe-tipe nama domain yang ada di Bisnis Domain...
A. Keyword Domains
Tipe domain ini adalah nama domain yang terdiri dari keyword keyword yang sering dicari di mesin pencari alias search engine. Tipe domain jenis ini pada saat nantinya akan mudah untuk mendapat traffic pada saat ditujukan untuk didevelop sebagai nama website ataupun dijadikan domain parkir.

Sebagai contoh adalah airline.info, Nama domain tersebut terdiri dari keyword yaitu airline dan info. Kita bisa mengharapkan banyak orang yang akan mencari informasi tentang airline akan menggunakan kata kunci tersebut di search engine atau mungkin langsung di browser dengan mengetikkan airlineinfo.com.

B. Nama Domain dengan Existing Traffic
Nama Domain jenis ini bisa didapatkan setelah domain itu tidak di perpanjang masa kepemilikannya oleh pemilik lamanya, setelah dia mendevelop domain itu. Hal ini bisa dimungkinkan bila pemiliknya merasa tidak cocok dengan nama domain tersebut dengan niche market yang dia bidik. Padahal bisa saja si pemilik lama suda membeli paid link atau paid posting(yang sedang HOT kali ini seperi paid review-red) yang sudah tersebar.

C. Dictionary Word Domain
Domain jenis ini adalah domain dengan menggunakan kata yang ada dalam kamus. Mungkin hampir mirip dengan domain jenis keyword domain.

D. Typo Domain
Tipe domain jenis ini adalah tipe domain yang memanfaatkan kesalahan pengetikkan. Tapi tentu saja untuk memilih domain jenis ini harus memilih domain asal yang memang mempunyai traffic yang tinggi. Misalkan Google.com, salah satu typo domainnya adalah googel.com.

Harap berhati hati pada saat menggunakan nama domain tipe ini. Karena bisa saja nama domain itu sudah menjadi Trademark(TM)dari suatu organisasi. Dan bila diketahui oleh organisasi itu bisa saja kita akan berhadapan dengan hukum.

E. Domain BerPageRank
Seperti tipe domain yang mempunyai trafic existing, tipe domain ini mungkin mempunyai sejarah yang hampir sama dengan tipe domain tersebut.
Tipe domain berpagerank saat ini merupakan tipe domain yang banyak dicari. Sehubungan dengan banyaknya blogger yang menggunakannya untuk keperluan paid review.

Itulah beberapa tipe domain yang ada saat ini, mungkin saja saya salah dalam pemberian nama tipe tipe domain ini, saya tungggu koreksinya ya. :D

OOT:
Latihan SEO untuk Pemula masih lanjut, sekarang saya masih berada di posisi 13, bisa dilihat disini. Lanjut lagi untuk latihan SEO-nya ah....tarik mangggg...

Catatan:
Postingan ini turut mendukung Latihan SEO Untuk Pemula :D

Labels:

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

domain co.cc juga type domain to mas
tapi type domain gratis
mas salam kenal
kunjungi juga http://webyme.co.cc

December 11, 2008 at 6:05 PM  
Anonymous Anonymous said...

setuju banget! co.cc memang salah satu tipe domain! N gratis!

December 11, 2008 at 6:09 PM  
Anonymous Anonymous said...

Thanks dah pada mampir ya :)

December 11, 2008 at 6:59 PM  
Anonymous Anonymous said...

wwaduh, kok nama domain ane ga masuk yg manapun. wekeekkek. ane punya domain yg mo dijual nih mas, caranya gimana yah?? kl harga bagus mo ane lepas. domainnya jedug.com

December 12, 2008 at 10:34 PM  
Anonymous Anonymous said...

@herro:saya cek kok muncul pesan "This website is temporarily unavailable, please try again later." Mendingan di optimasi aja dulu, nanti kalo PR sama Alexa-nya dah lumayan baru di jual atau kalo ngga punya waktu untuk optimasi, masukin ke Program Domain Parking aja, contohnya ke SEDO atau NameDrive, nah nanti kasih keterangan aja kalo mau dijual. Jadi sambil nunggu laku kali aja dapet revenue dari parkirannya :)

December 13, 2008 at 9:57 AM  
Anonymous Anonymous said...

yup, tadinya udah dibikin blog wp pake hosting 000webhost. cuma ane tarik lagi. soalnya host pake 000webhost jelek banget. mungkin pake blogspot aja yah ato hosting berbayar

December 13, 2008 at 1:14 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home