Monday, December 22, 2008

Klasifikasi TLD Domain Di Bisnis Domain

Menyambung postingan saya terdahulu tentang Tipe-tipe Domain di Bisnis Domain, kali ini kita akan coba bahas lebih lanjut lagi tentang Nama Domain di Bisnis Domain. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah pembagian atau klasifikasi nama domain berdasarkan TLD-nya. Sebelum membahas lebih jauh, kita harus tahu dulu apa itu TLD?[...]Menyambung postingan saya terdahulu tentang Tipe-tipe Domain di Bisnis Domain, kali ini kita akan coba bahas lebih lanjut lagi tentang Nama Domain di Bisnis Domain. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah pembagian atau klasifikasi nama domain berdasarkan TLD-nya. Sebelum membahas lebih jauh, kita harus tahu dulu apa itu TLD? TLD sendiri adalah singkatan dari Top Level Domain. TLD ini adalah huruf di belakang nama domain setelah tanda titik (dot).

Ada 3 jenis TLD saat ini yang diakui oleh IANA atau Internet Assigned Numbers Authority yaitu :

1. ccTLD atau Country Code Top Level Domain
Top Level Domain ini dialokasikan untuk digunakan oleh sebuah Negara atau badan otoritas tertentu. Dan pada umumnya TLD jenis ini hanya 2 huruf. Misalnya .id untuk Indonesia, .in untuk India.

Aturan untuk meregistrasi sebuah domain ber-TLD jenis ini di setiap negara mempunyai aturan yang berbeda beda tergantung kebijakan dari otoritas domain negara tersebut.

2. gTLD atau Generic Top Level Code
Saat ini tipe TLD jenis inilah yang sudah umum digunakan. Dan tidak seperti tipe TLD yang cctld, nama domain dengan TLD ini lebih bebas untuk di register oleh setiap orang atau organisasi. COntoh tipe gTLD diantaranya adalah .com, .net, .info .org, .biz


3. iTLD atau Insfrastruktur Top Level DOmain
TLD tipe ini merupakan tipe TLD dengan penggunaan yang sangat TERBATAS. COntoh nama domain dengan iTLD adalah domain dengan extention .arpa atau .root. Saya sendiri belum melihat ada situs dengan extention domain jenis ini :D

Segitu dulu, ntar saya coba bahas lagi tentang Bisnis Domain, dipostingan selanjutnya.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home