Thursday, September 3, 2009

Ketika Gempa, Jangan Turun Lewat Tangga Darurat

Hanya mau share tentang gempa nih, kebetulan kemarin ikut ngerasain gempa, postingan ini ditujukan bagi anda yang bekerja di Gedung2 Tinggi, terutama yang bekerja di lantai 5 keatas.

Saya ambil dari detikcom
Saat terjadi gempa, biasanya warga Jakarta yang berada di gedung-gedung pencakar langit langsung berhamburan menuju tangga darurat untuk turun ke halaman. Kebiasaan ini ternyata tidak benar. Sebab, tangga adalah bagian dari gedung yang paling tidak tahan gempa alias paling mudah runtuh.

"Ini adalah salah kaprah. Orang kalau ada gempa langsung turun pakai tangga darurat. Berdasarkan strukturnya, tangga darurat bukan didesain untuk antisipasi gempa, tapi untuk kebakaran," kata praktisi konstruksi Endy Budyanto dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (3/8/2009).

Sebenarnya yang harus dilakukan saat terjadi gempa, para penghuni gedung bertingkat lebih baik diam dulu di dalam gedung sampai gempa selesai bergoyang. Setelah gempa berhenti, baru kemudian mereka turun menuruni tangga darurat.

Dia menjelaskan, bagian-bagian bangunan yang paling rawan runtuh akibat gempa secara berurutan yakni tangga, balok, plat atau lantai, dan yang terakhir adalah tiang. Sehingga kalau saat terjadi gempa orang justru berebut turun lewat tangga, dikhawatirkan malah akan membuat tangga tersebut runtuh karena tidak kuat menahan beban.

"Harusnya kita tetap di tempat sampai gempa itu berhenti, baru setelah itu mereka keluar," saran Endy.

So, jangan panik ya...

Dan berikut ini informasi tambahan yang saya dapat dari Forum Kaskus, mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan bagi kita semua, ketika ada gempa lagi (mudah-mudahan sih ngga ya...) dan jangan sampai kejadian orang terinjak-injak ketika turun tangga tidak terulang lagi.

Berikut ini linknya : Jangan Turun Lewat Tangga Ketika Gempa. Mudah-mudahan bermanfaat.


Sumber : DetikCom
Hanya mau share tentang gempa nih, kebetulan kemarin ikut ngerasain gempa, postingan ini ditujukan bagi anda yang bekerja di Gedung2 Tinggi, terutama yang bekerja di lantai 5 keatas[...]

Labels: , , , , ,

4 Comments:

Blogger FPBI said...

Tks...masukannya, semoga bermanfaat bg nereka yg berada di gedung2 tinggi saat gempa terjadi, akan saya tulis dgn penajaman krena pusat gempa berikutnya akan berada tdk jauh dr Jakarta.

September 4, 2009 at 12:46 PM  
Anonymous pascal said...

makasih triknya

September 4, 2009 at 4:39 PM  
Anonymous wa0nez said...

@FPBI : Siiip, mudah-mudahan bermanfaat.
@pascal : trik ?

September 4, 2009 at 4:51 PM  
Anonymous Agand said...

Hm, makasih infonya.. setidaknya kita dapat satu ilmu dari kejadian ini. Thanks dagh sharing ...

September 4, 2009 at 11:53 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home