Monday, July 13, 2009

Infeksi Gigi dan Penyakit Sistemik

Banyak yang menyatakan bahwa gigi merupakan bagian terkuat dari tubuh manusia. Namun, gigi juga bisa menjadi pintu gerbang paling efektif bagi bakteri untuk memberikan pengaruh pada penyakit sistemik. Sebuah lubang kecil saja di Gigi bisa menyebabkan masuknya bakteri ke bagian tubuh yang lain. Penyakit endocarditis, asbes pada otak, pneumonia pada paru, biduran pada kulit, celulitis pada kulit, dan radang implan sendi pada tulang merupakan penyakit sistemik yang pada awalnya dimulai dari infeksi gigi.

Ada tiga cara penyebaran bakteri yang diawali oleh infeksi gigi :
1. Melalui perkontaniatum atau penyebaran kuman bakteri melalui jaringan lunak.
2. Melaui jaringan droplet atau inhalasi.Pada gigi atau gusi yang terinfeksi, bakteri akan muncul dari rongga mulut si penderita, lalu ketika dia batuk dan menghirup udara pada saat bersamaan, maka bakteri akan berpindah dari mulut melalui hidung.
3. Cara yang ketiga adalah melaui aliran darah. Gusi yang terinfeksi atau gigi berlubang akan memberikan jalan bagi bakteri untuk masuk melalui peredaran darah.

Terus bagaimanakah cara mencegah infeksi gigi atau gigi berlubang?

Infeksi Gigi berlubang dan Penyakit Sistemik


Berikut ini tips singkat cara merawat gigi dengan benar :
- Gosok gigi selesai makan dan sebelum tidur. Biasakan juga sejak dini apada anak-anak anda.
- Bila anak belum mempunyai gigi, masukkan sikat gigi kecil agar dia tidak takut pada sikat gigi.
- Jika anak belum bisa menggunakan sikat gigi, bantulah membersihkan gigi dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.
- Selalu mengunyah dengan kedua sisi. Pada saat mengunyah air liur akan terbentuk dan ini sangat penting untuk menjaga kestabilan bakteri di rongga mulut.
Banyak yang menyatakan bahwa gigi merupakan bagian terkuat dari tubuh manusia. Namun, gigi juga bisa menjadi pintu gerbang paling efektif bagi bakteri untuk memberikan pengaruh pada penyakit sistemik[...]

Labels: , , , , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home